Lima Kiat Praktis Cukur Rambut Bayi Ketika Aqiqah

Di dalam Islam, sesudah si kecil lahir, ada salah satu aktivitas yang lazimnya dilaksanakan, ialah akikah. Akikah menjadi salah satu wujud rasa syukur atas lahirnya si kecil, yang disertai dengan pemotongan kambing, pemberian nama pada si anak dan ritual cukur rambut. Nah, kali ini saya mau mengulas seputar progres cukur rambutnya itu. Jangan ketinggalan informasi mengenai aqiqah bandung disini.

Menggunduli rambut bayi untuk saya membutuhkan waktu lama. Sejenak cukur, sebentar berhenti, sampai semua komponen rambut tercukur habis. Belum lagi seperti itu mengamati hasil tumbuhnya rambut suka tidak merata. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dikala bakal mencukur rambut bayi, antara lain:

1. Gunakan alat cukur khusus
Mengingat kepala buah hati masih betul-betul lunak, waktu itu aku menerapkan cukuran bulu untuk perempuan. Saya dan suami juga memilih untuk menjalankan pencukuran rambut bayi sendiri. Pastikan juga alat cukurnya masih baru. Dengan demikian itu, ketajaman cukuran tidak akan membikin kita mengulang-ulang mencukur rambut.

2. Santai melainkan pasti
Saya mulai di pagi hari serta baru selesai menjelang petang. Karena saya melaksanakannya berdua dengan suami, karenanya kami melaksanakannya dengan santai. Dikala si kecil sedang anteng, kami mulai mencukurnya pelan, hingga segala komponen rambut tercukur habis.

3. Gunakan penutup kepala
Setelah mandi, saya memakaikan topi supaya si kecil tak merasa kedinginan, walaupun berada di dalam rumah. Malah sekedar lotion bahkan tidak. Karena, pori-pori kepala buah hati yang sedang terbuka setelah dicukur berisiko infeksi sekiranya dipakaikan minyak atau lainnya.

4. Membersihkan kerak kepala setelah beberapa hari
Setelah dicukur, kerak kepala yang ketinggalan bakal tampak. Gemes, sih, berharap segera membersihkannya. Tapi, aku memilih menunngu beberapa hari, sampai buah hati cukup menyesuaikan diri dengan kepalanya yang baru, dan pori-pori kepala tidak terlalu terbuka.

5. Bersihkan dengan air
Sesudah proses mencukur selesai, aku membersihkan kepala dan tubuh anak dari sisa rambut dengan sistem memandikannya. Sisa rambut yang masih menempel di kepala serta badan dapat menimbulkan gatal yang membikin anak merasa tidak nyaman.


Bagaimana dengan Anda? Memiliki tips lain saat mencukur rambut buah hati?